Selasa, 23 Oktober 2012

Pelatihan Komputer Kegiatan BPP

Penyuluh memiliki peran yang sangat penting dalam menyukseskan program pembangunan pertanian di Indonesia. penyuluh berperan sebagai narasumber sekaligus fasilitator bagi petani dalam proses meningkatkan hasil usaha tani yang dilakukan oleh petani sehingga pengetahuan, ketrampilan, sikap serta kesejaheraan petani dapat meningkat. 
Peran yang sangat penting dari penyuluh tersebut tentunya menuntut penyuluh untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai sehingga dapat melaksanakan tugas dan  fungsi penyuluhan dengan baik. Salah satu ketrampilan yang dibutuhkan penyuluh adalah ketrampilan mengoperasikan komputer serta memanfaatkan teknologi informasi. 

Dalam rangka pengembangan peran Penyuluh yang lebih luas maka telah terjalin kerjasama kemitraan antara BPP Kecamatan Piyungan dengan STPP Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan antara lain yaitu Pelatihan Teknologi Informasi ( TI ) pada tanggal 23 sampai 25 Juli 2012 di STPP Yogyakarta yang diikuti oleh sejumlah 8 Orang Penyuluh di tingkat BPP Piyungan dan juga diikuti oleh petani pemandu 4 orang. Dalam Pelatihan tersebut peserta telah diperkenalkan mengenai pengenalan internet, cara pembuatan email, jejaring sosial dan pembuatan website untuk BPP Piyungan. 

Tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan ketrampilan dalam penggunaan IT bagi Penyuluh  BPP Piyungan, sedangkan manfaat yang diperoleh yaitu untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan para penyuluh tentang penggunaan IT sebagai salah satu media informasi dan komunikasi pertanian yang efektif.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar